BLOG KESEHATAN , KAMAR OPERASI , TIP SEHAT dan HIBURAN

Jumat, 06 Januari 2012

TRIK MEMINUMKAN OBAT YANG PAHIT PADA SI KECIL

Kadang kita dibuat susah bila sikecil jatuh sakit,sudah dibawa ke dokter tapi sampai rumah tidak mau minum obat karena obatnya pahit. Tak jarang banyak orang tua sampai marah-marah pada anak yang tidak mau minum obat, bahkan anak dipaksa-paksa yang berakibat anak tambah tidak mau.
Sebenarnya ada cara tersendiri bagaimana agar anak mau minum obat dari dokter. Saat anda mau meminumkan obat pada anak berilah penjelasan sederhana pada
anak akan manfaat obat untuk kesembuhannya. Jangan pernah membohongi anak dengan mengatakan bahwa obatnya tidak pahit alias manis, karena ketika anak mencoba untuk minum dan ternyata rasanya pahit maka anak akan terkejut dan memutahkan obatnya dan anak akan tidak percaya lagi bahkan trauma. Kalo sudah demikian maka semakin sulitlah anda meminumkan obatnya. Jangan pula memaksa anak dengan mengatakan obat ini pahit tapi kamu harus meminumnya biar kamu segera sembuh kalo tidak minum nanti dimarahi dokter ,bahkan sambil membentak-bentak, akibatnya anak jadi tambah lari.
Lalu caranya bagaimana?
Kita ikuti dulu anak kita sedang apa, kalo anak sedang bermain kita ikut bermain. Anak kita sedang bermain boneka kita ikut bermain boneka.Kita ikut bermain dengan anak kita, lalu katakan Nak ini waktunya minum obat, obatnya sedikit  pahit namun ini sudah dicampur madu/gula (terserah anda mau dicampur madu apa gula,yang penting anda memang benar-benar memberikan campuran tersebut) sehingga rasa pahitnya berkurang. Tapi yang minum harus temen-temennya dulu (anggaplah bonekanya adalah temen-temennya), siapa yang harus minum dulu? Boneka yang paling besar yang minum dulu. Lalu anda pura-pura meminumkan obatnya pada boneka besar,sambil berkata temen boneka ini obatnya sedikit pahit tapi sudah diberi madu sehingga rasanya tidak begitu pahit,horee temen kita sudah minum obat. Lalu katakan siapa lagi yang mau juara minum obat,ketika anak anda menjawab mau, jangan langsung mengiyakan. Buat anak anda penasaran, wah yang minum harus temen boneka yang lainnya dulu. Lalu anda pura –pura meminumkan obat pada boneka lainnya seperti tadi. Sehingga anak anda akan penasaran dan tertantang untuk minum obatnya.
Cara ini ternyata jauh lebih berhasil dari pada cara memaksa ataupun membohongi. Selamat mencoba ya.... salam kesehatan dari masharimus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar