BLOG KESEHATAN , KAMAR OPERASI , TIP SEHAT dan HIBURAN

Jumat, 15 April 2011

Lindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar ultraviolet salah satunya dari pancaran matahari tengah hari bisa merusak kulit segala usia, tetapi terutama kulit mereka yang beranjak menua. Kemampuan melawan kulit tua tentu tak lagi secepat ketika muda. Jika kondisi tersebut sering terjadi dapat menyebabkan hiperpigmentasi, berupa munculnya banyak tahi lalat di bagian tubuh yang terpapar, seperti wajah dan tangan.Untuk meminimalisasi proses hiperpigmentasi tersebut, cobalah beberapa kiat ini. * Gunakan tabir surya dengan SPF (sun protection factor) sedikitnya 30 untuk menangkal ultraviolet A dan B. Pilih tabir surya yang juga berfungsi sebagai pelembab untuk mendapatkan manfaat tambahan.
* Gunakan pelindung bila terpaksa harus keluar ruangan di siang hari, seperti topi, payung, kacamata hitam, baju lengan panjang, serta celana panjang. Basuh kulit dan oleskan pelembab segera setelah terpapar sinar matahari.
* Secara teratur gosok secara perlahan kulit tubuh dengan spons dan sabun lembut untuk membantu
meluruhkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga kulit baru yang lebih segar akan muncul.
* Buat ramuan alami dari bubuk kunyit dicampur jus lemon asli yang kaya antioksidan lalu usapkan pada kulit untuk membantu menghilangkan bercak-bercak. jus lemon juga bisa dicampur dengan madu untuk mendapatkan khasiat yang sama.
* Melakukan lulur sambil tubuh dipijat dengan lelehan cokelat atau tanaman lidah buaya juga bisa membantu mencerahkan kulit.
* Jangan lupakan pola makan sehat, terutama memperbanyak asupan beragam sayuran dan buah-buahan untuk membantu memelihara keindahan kulit.
* Banyak minum air putih supaya kulit selalu terhidrasi dengan baik. (GHS/rin)

sumber: http://health.kompas.com/index.php/read/2010/08/05/13120760/Lindungi.Kulit.dari.Sinar.UV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar