BLOG KESEHATAN , KAMAR OPERASI , TIP SEHAT dan HIBURAN

Minggu, 27 Mei 2012

AKREDITASI RUMAH SAKIT TERBARU Versi 2012


AKREDITASI RUMAH SAKIT 2012
Banyak yang penasaran dengan Sistem Akreditasi Versi baru tahun 2012 ,nah bagi yang belum tahu ini sedikit gambaran isi dari Akreditasi versi 2012.
Secara garis besar akreditasi di bagi menjadi 3 kelompok kerja :
I           I.  Kelompok Staf Pelayanan Berfokus Pada Pasien
·         BAB  I. Akses ke Pelayanan dan Kontinuitas
·         BAB  II. Hak Pasien dan Keluarga
·         BAB  III. Asesment Pasien
·         BAB  IV. Pelayanan Pasien
·         BAB  V. Pelayanan Anestesi dan Bedah
·         BAB  VI.Management Penggunaan Obat
·         BAB  VII. Pendidikan Pasien dan Keluarga
I             II. Kelompok Standar Management Rumah Sakit
·         BAB I. Peningkatan Keselamatan Pasien
·         BAB II. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi
·         BAB III. Tata Kelola ,Kepemimpinan dan pengarahan
·         BAB IV. Management Fasilitas dan Keselamatan
·         BAB V. Kualifikasi dan Pendidikan
·         BAB VI. Management Komunikasi dan Informasi
I     III.   Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit
·         Sasaran I. Ketepatan Identifikasi Pasien
·         Sasaran II. Peningkatan Komunikasi yang Efektif
·         Sasaran III. Peningkatan Keamanan Obat yang Perlu Diwaspadai
·         Sasaran IV. Kepastian Tepat Lokasi,Tepat Prosedur,Tepat Pasien Operasi
·         Sasaran V. Pengurangan Resiko Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan
·         Sasaran VI. Pengurangan Resiko Pasien Jatuh
I      IV.  Sasaran Milenium Development Goals
·         Sasaran I. Penurunan Angka Kematian Bayi dan Peningkatan Kesehatan Ibu
·         Sasaran II. Penurunan Angka Kesakitan HIV/AIDS
·         Sasaran III. Penurunan Angka Kesakitan TB

Itulah gambaran Akreditasi sistem baru versi 2012 ,memang agak lain dengan yang versi lama namun diharapkan dengan versi baru ini bisa lebih meningkatkan kualitas Rumah Sakit secara riil. Banyak yang bilang akreditasi versi baru ini lebih sulit dari sebelumnya,namun saya yakin dengan kerja keras dan kekompakan seluruh pihak terkait maka kelulusan akreditasi terbaru ini bukan sesuatu yang tidak mungkin.
Manfaat dari Akreditasi ini sebenarnya sangat banyak,yaitu melalui proses akreditasi ini telah dirancang untuk menciptakan budaya keselamatan dan budaya kualitas di Rumah Sakit sehingga Rumah Sakit akan senantiasa berusaha meningkatkan Mutu Pelayanan.
Manfaat lain diantaranya :
Ø  Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Rumah Sakit
Ø  Menyediakan lingkungan kerja yang lebih aman dan efisien bagi karyawan
Ø  Sebagai modal negoisasi dengan pihak asuransi kesehatan/payer
Ø  Lebih mendengarkan / menghormati hak-hak pasien dan keluarga serta melibatkan mereka sebagai pertner dalam proses pelayanan
Ø  Membagun learning cultur dari laporan-laporan IKP untuk perbaikan sistem.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar