BLOG KESEHATAN , KAMAR OPERASI , TIP SEHAT dan HIBURAN

Selasa, 17 Mei 2011

Operasi Melahirkan atau SC(Sectio Saecaria) ,Tidak Usah Cemas

Kehamilan merupakan masa yang indah. Wanita umumnya melewati kehamilan dengan rasa gembira karena akan menjadi ibu. Namun demikian ada pula sebagian ibu yang tidak menikmati masa kehamilan karena takut bila proses melahirkan nantinya dilakukan dengan operasi atau Sectio Saecaria.Nah bagi ibu yang sedang mempersiapkan persalinan dengan Sectio Saecaria tidak perlu kawatir karena ibu akan didampingi tim medis yang berpengalaman.Berikut sedikit gambaran tentang operasi Sectio Saecaria.
Umumnya tim medis yang menangani persalinan dengan operasi ada 6 tipe profesi yang bertugas dibidangnya.
Diantaranya adalah sebagai berikut :
Dokter Spesialis Kandungan/SpOG (specialis Obgyne dan Ginaecology),yang bertugas sebagai operator dalam melakukan tindakan operasi Sectio Caesaria.
Dokter Spesialis Anak, bertugas melakukan pemeriksaan menyeluruh tentang kondisi kesehatan bayi yang baru dilahirkan. Dokter anak juga wajib melakukan kontrol kesehatan dan pengobatan anak selanjutnya
Dokter Spesialis Anaestesi, memiliki tugas untuk melakukan pembiusan sehingga proses melahirkan menjadi tidak terasa bahkan ibu bisa melihat maupun mendengarkan ketika bayi tersebut lahir,tapi jangan kawatir ibu tidak akan merasakan apa-apa karena bagian perut kebawah sudah di bius. Dokter anestesi juga akan memantau tanda vital pasien selama pembiusan.
Team Perawat Profesional,yang bertugas membantu dokter operator dalam proses operasi Sectio Saecar baik proses tindakan maupun peralatan medisnya.
Perawat Anaestesi,bertugas membantu dokter anaestesi dalam menjalankan tugasnya.
Bidan, bertugas menerima bayi yang baru dilahirkan merawat dan membersihkan serta bersama dokter anak memastikan bayi dalam kondisi sehat dan terlindungi.
Demikian Ibu sedikit gambaran tentang operasi Sectio Saecaria/melahirkan,harapan kami Ibu sekarang menjadi tidak cemas lagi dan lebih siap.Selamat mempunyai buah hati ya Ibu.Salam Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar