BLOG KESEHATAN , KAMAR OPERASI , TIP SEHAT dan HIBURAN

Sabtu, 05 Maret 2011

Waktu Terbaik untuk Olahraga

Sebagai orang yang aktif, tentu kita harus memiliki kesadaran untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Salah satunya adalah dengan membuat jadwal rutin untuk berolahraga. Namun, kapankah waktu yang paling tepat untuk melakukan kegiatan gerak badan ini? Pada dasarnya tidak ada standar waktu olahraga yang terbaik karena hal itu sifatnya sangat individual, tergantung pada tingkat kesibukan masing-masing. "Bila Anda bukan tipe 'morning person', maka pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk olahraga. Sebaliknya, bila makin siang kesibukan Anda terus bertambah, mungkin yang paling tepat untuk olahraga adalah pagi," kata Chris Freytag, penulis buku Shortcut to Big Weight Loss and Move to Lose. Singkat kata, yang paling penting adalah konsistensi. Untuk itu, cermati rutinitas harian dan mingguan Anda untuk menentukan kapan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Bila Anda adalah ibu yang bekerja, mungkin olahraga di pagi hari paling tepat karena sore dan malam hari biasanya aktivitas mengurus anak dan keluarga akan menjadi prioritas para ibu bekerja.
Para ahli sendiri telah melakukan berbagai penelitian untuk menentukan waktu yang paling ideal untuk berolahraga. Sebagian berpendepat waktu yang paling pas adalah sore hari ketika temperatur tubuh sedang tinggi, otot-otot lebih mengembang dan flesibilitas tubuh tinggi.
Namun penelitian yang dilakukan para ahli dari Mollen Clinic, Phoenix, Amerika, menemukan setelah satu tahun, 75 persen orang-orang yang memilih berolahraga di pagi hari cenderung terus konsisten pada rutinitasnya, dibanding dengan 25 persen orang yang memilih aktivitas fisik di sore hari.
Sumber : Prevention

Tidak ada komentar:

Posting Komentar